CPNSONLINE: Mengenal Ujian CAT CPNS dengan Sistem UKG

CPNSONLINE: Mengenal Ujian CAT CPNS dengan Sistem UKG. Pemerintah pada tahun 2014 kembali menyelenggarakan seleksi CPNS untuk mengisi formasi ASN. Jumlah formasi yang dibuka adalah sebanyak 100.000 formasi. Akan tetapi tidak semua instansi baik ditingkat pusat maupun di tingkat daerah yang membuka lowongan CPNS. Pemerintah dalam hal ini Kemen PAN RB juga telah mengeluarkan beberapa kebijakan terkait seleksi CPNS tahun 2014. Salah satu kebijakan yang diambil adalah bahwa pada tahun 2014 seluruh seleksi CPNS wajib menggunakan sistem Computer Assested Test (CAT). Tidak ada lagi peluang seleksi secara offline/tertulis. Dan untuk menyikapi hal ini maka seluruh instansi yang membuka formasi CPNS diminta untuk berkoordinasi dengan Kanreg BKN dan LPMP di tiap-tiap propinsi.

cat bkn 2

Menurut informasi yang forumptk peroleh, bagi daerah-daerah yang tidak memiliki infrastruktur pendukung sistem CAT CPNS, maka penyelenggaraan seleksi akan menggunakan aplikasi UKG yang telah digunakan oleh LPMP untuk kegiatan uji kompetensi guru. Sistem CAT CPNS akan diintegrasikan kedalam sistem UKG sehingga sesuai dengan ketentuan dan persyaratan yang telah ditentukan oleh Kemen PAN RB. Hal ini tentu saja menjadi kabar gembira bagi guru yang telah pernah mengikuti UKG. Karena itu artinya mereka akan mengikuti seleksi menggunakan aplikasi yang sudah “familiar” atau sudah pernah digunakan ketika mereka mengikuti UKG. Sistem CAT CPNS  terintegrasi UKG kemungkinan memiliki “tampilan” yang sama karena aplikasi yang digunakan adalah aplikasi UKG tetapi diintegrasikan dengan sistem CAT CPNS. Lalu apa saja perbedaan antara sistem UKG yang biasa dengan sistem UKG yang sudah terintegrasi dengan CAT CPNS?
1.Prosedur Login. Sistem UKG menggunakan NUPTK dan Nomor Peserta. Adapun UKG terintegrasi CAT menggunakan NIK (Nomor Induk Kepegawaian) dan Nomor Ujian
2.Absensi Menggunakan Sistem. Pada Sistem UKG tidak ada absensi didalam sistem, karena absensi dilakukan secara manual. Adapin UKG terintegrasi CAT CPNS memiliki sistem absensi didalam sistem.
3.Hasil Ujian (Skor). Pada sistem UKG skor/hasil ujian tidak ditampilkan. Adapun UkG terintegrasi CAT CPNS akan menampilkan skor atau hasil ujian ketika peserta menyelesaikan ujian.
4.Soal. Pada sistem UKG, soal terdiri dari soal berbentuk teks dan gambar dengan 4 opsi pilihan jawaban. Adapun aplikasi UKG terintegrasi CAT opsi jawaban terdiri dari 5 opsi berbentuk teks saja.
5.Bobot Jawaban. Pada sistem UKG, bobot jawaban tidak ada. Hanya berbentuk Benar dan salah saja. Adapun aplikasi UKG terintegrasi CAT bobot jawaban bertingkat 0-5 dengan format Benar dan Salah.
6.Mata Ujian. Mata ujian pada sistem UKG terdiri dari 300 Mapel. Sementara UKG terintegrasi CAT CPNS terdiri dari 1 TKD dengan 5 Mapel.
7.Cetak hasil ujian persesi/hari. Sistem UKG CPNS tidak memiliki fasilitas cetak hasil ujian persesi perhari. Adapun UKG terintegrasi CAT memiliki fasilitas cetak hasil ujian perhari persesi.
8.Peringatan 5 menit sebelum ujian berakhir. Sistem UKG tidak ada, adapun UKG terintegrasi CAT akan memberikan peringatan 5 menit sebelum ujian berakhir.

Meskipun demikian, bukan berarti guru yang sudah pernah ikut UKG CPNS otomatis terdaftar. Seluruh WNI yang memenuhi persyaratan termasuk guru yang berminat untuk mengikuti seleksi ASN tahun 2014 wajib melakukan pendaftaran secara daring/online di laman panselnas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CPNSONLINE: Mengenal Ujian CAT CPNS dengan Sistem UKG"

Posting Komentar